Integrasi Sosial

Integrasi Sosial

Integrasi secara literasi berasal dari bahasa inggris “Integration” yang berartu menyatu. Intergasi sosial sendiri dapat didefinisikan sebagai upaya untuk menyesuaikan pelbagai unsur-unsur yang berbeda dalam masyarakat sehingga menjadi suatu pola masyarakat yang bersatu dan memiliki fungsi kompatibilitas (menyesuaikan diri). 

Definisi lain dari integrasi adalah suatu kondisi di mana kelompok-kelompok etnis untuk beradaptasi dan menjadi komformitas (berusaha menyatu) terhadap kebudayaan mayoritas, namun tetap mempertahankan budaya mereka sendiri. Integrasi memiliki rasa kedua, yaitu:
  1. Kontrol atas konflik dan penyimpangan sosial dalam suatu sistem sosial tertentu
  2. Menciptakan keseluruhan dan menyatukan unsur-unsur tertentu
Sedangkan yang disebut integrasi sosial adalah ketika dikontrol, dikombinasikan, atau terhubung satu sama lain itu adalah unsur-unsur sosial atau kemasyarakatan. Integrasi sosial akan terbentuk ketika kebanyakan orang memiliki kesepakatan tentang batas-batas teritorial, nilai-nilai, norma-norma, dan lembaga-lembaga sosial.

Pengertian Integrasi Sosial Menurut Para Ahli
  1. Soerjono Soekanto : Sebuah proses sosial individu atau kelompok yang berusaha memenuhi gol melawan lawan yang disertai dengan ancaman dan atau kekerasan.
  2. Gillin : Bagian dari proses sosial yang terjadi karena perbedaan fisik, emosional, budaya dan perilaku.
  3. Menurut Baton : Integrasi sebagai pola hubungan yang mengakui adanya perbedaan ras dalam masyarakat, tetapi tidak memberikan fungsi penting pada perbedaan dalam ras

0 Response to "Integrasi Sosial"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel