Pengertian Mobilitas Sosial

Pengertian Mobilitas Sosial

Harian SejarahMobilitas Sosial merupakan pergerakan status sosial individu atau kelompok yang tergabung dalam masyarakat. Perpindahan status sosial disini berlaku secara vertikal, artinya perpindahan terjadi naik dan turun. Seorang yang berada di status sosial tinggi dapat turun ke status sosial rendah, begitu pun sebaliknya.

Mobilitas sosial mempunyai kaitan yang erat dengan stratifikasi sosial atau pelapisan sosial, mengingat mobilitas sosial merupakan gerak pindah dari suatu lapisan ke lapisan yang lainnya.

Mobiltas sosial merupakan suatu pergerakan atau perpindahan terhadap status sosial individu dalam kelompok masyarakat yang merubah perannya di dalam struktur masyarakat. Perpindahan lapisan sosial tersebut bergerak dari lapisan bawah ke atas atau atas kebawa. Dan mungkin mengalami perpindahan namun tidak merubah status sosial (secara horizontal).

Definisi menurut para ahli

Soerjono Soekanto
Menurut Soerjono Soekanto merupakan suatu gerak dalam struktur sosial yaitu pola tertentu yang mengatur organisasi suatu kelompok sosial.

H. Edward Ransford
Menurut H. Edward Ransford merupakan perpindahan ke atas atau kebawah dalam lingkungan sosial secara hirarki.

Robert M.Z. Lawang
Menurut Robert .M.Z. Lawang ialah perpindahan posisi dari lapisan yang satu ke lapisan yang lainnya atau dari satu dimensi ke dimensi yang lainnya.

Horton Dan Hunt 
Menurut Horton dan Hunt sendiri pengertian mobilitas sosial ialah suatu gerak perpindahan dari suatu kelas sosial ke kelas sosial yang lainnya.

Kimball Young Dan Raymond W. Mack
Menurut Kimball Young dan Raymond W. Mack ialah suatu mobilitas dalam struktur sosial, diantaranya pola-pola tertentu yang mengatur organisasi suatu kelompok.

Wiliam Kornblum
Menurutnya mobilitas sosial ialah perpindahan individu-individu, keluarga-keluarga, dan kelompok sosial serta satu lapisan ke lapisan sosial lainnya.

0 Response to "Pengertian Mobilitas Sosial"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel