Perang Troya sebagai Mitologi Yunani

Akhilles menyeret tubuh pangeran Hector saat Perang Troya. Foto: Pinterest

Kisah Perang Troya merupakan konflik antara kerajaan Troya dan Yunani yang melintasi sejarah dan mitologi Yunani kuno dan mengilhami para penulis terbesar zaman kuno, dari Homer, Herodotus dan Sophocles sampai Virgil.

Sejak penemuan kembali situs Troya pada abad ke-19 di tempat yang sekarang menjadi wilayah Turki barat, para arkeolog telah menemukan semakin banyak bukti sebuah kerajaan yang berjaya dan mungkin telah hancur sekitar 1.180 SM yang mungkin merupakan dasar bagi kisah-kisah yang diceritakan oleh Homer sekitar 400 tahu,  kemudian di "Iliad" dan "Odyssey."

NARASI PERANG TROYA

Menurut sumber-sumber klasik, perang dimulai setelah penculikan (atau kawin lari) Ratu Helen dari Sparta oleh Paris pangeran Troya. Suami Helen yang cacat, Menelaus meyakinkan saudaranya Agamemnon, raja Yunani Mycenae, untuk memimpin sebuah ekspedisi untuk mengambilnya kembali. Agamemnon bergabung dengan pahlawan Yunani, Akhilles, Odiseus, Nestor dan Ajax, dan disertai dengan armada lebih dari seribu kapal dari seluruh dunia Hellen. Mereka menyeberangi Laut Aegea ke Asia Kecil untuk mengepung Troy dan menuntut kembalinya Helen oleh Priam, raja Troya.
Kuda Troya, tipu muslihat yang dilakukan oleh orang-orang Yunani untuk menyelinap melewati Dinding Kota Troya. Foto: Greek Mythology Wiki
Pengepungan tersebut, diselingi oleh peperangan dan pertengkaran berujung pada kematian pangeran Troya, Paris dan Hektor, serta Pahlawan Yunani Akhilles dan Aias yang hampir tak terkalahkan. Perang ini berlangsung lebih dari 10 tahun sampai pada suatu pagi tentara Yunani mundur dari perkemahan mereka, meninggalkan seekor kuda kayu besar di luar gerbang Troy. Setelah banyak perdebatan (dan peringatan yang tidak diindahkan oleh putri Priam Cassandra), Troya kemudian menarik kuda misterius itu ke kota. Ketika malam tiba, kuda itu terbuka dan sekelompok prajurit Yunani, yang dipimpin oleh Odiseus, keluar dan menjarah Troy dari dalam.

Setelah kekalahan Trojan, pahlawan Yunani perlahan-lahan berjalan pulang. Odiseus membutuhkan waktu 10 tahun untuk melakukan perjalanan pulang-pergi yang sulit dan sering terganggu ke Ithaca yang diceritakan dalam "Odyssey." Ratu Helen, kedua suaminya (Menelaus dan Paris) terbunuh selama perang, kembali ke Sparta untuk memerintah. Setelah kematiannya, beberapa sumber mengatakan bahwa dia diasingkan ke pulau Rhodes, di mana dendam seorang janda perang telah membuatnya digantung.

SYAIR PERANG TROYA
Para Ksatria hebat dalam Perang Troya. Foto: Pinterest
Sedikit yang diketahui tentang sejarah Homer. Sejarawan yang menyelesaikan sebuah karya yang berjudul "Iliad" sekitar 750 SM, dan "Odyssey" sekitar 725. Keduanya dimulai dari tradisi lisan, dan pertama kali ditulis dalam beberapa dekade atau berabad-abad setelah potongan-potongan kisah keduanya terkumpul.

Banyak episode perang yang paling dikenal, dari penculikan Helen samapi "kuda Troya" dan karung Troy, berasal dari apa yang disebut "Epic Cycle" dari narasi yang dikumpulkan pada abad keenam SM. Dari tradisi lisan yang lebih tua.

Pada abad pertama SM. Penyair Romawi Virgil menyusun "Aeneid," epik klasik ketiga yang terinspirasi oleh Perang Troya. Epik ini mengikuti sekelompok Troya yang dipimpin oleh pahlawan Aeneas meninggalkan kota mereka yang hancur untuk melakukan perjalanan ke Kartago sebelum mendirikan kota Roma. Tujuan Virgil adalah untuk memberi dinasti kekaisaran pertama Roma sebagai cerita asal yang mengesankan seperti Yunani.

SEJARAH, ARKEOLOGI, DAN PERANG TROYA

Banyak bagian epik Perang Troya sulit dibaca secara historis. Beberapa tokoh utama digambarkan sebagai keturunan langsung dewa-dewa Yunani, seperti Helen yang merupakan ayah dari Zeus, yang menyamar sebagai angsa dan memperkosa ibunya Leda, dan sebagian besar tindakannya dipandu (atau terganggu oleh) oleh berbagai dewa yang bersaing. Meskipun pengepungan panjang dicatat dalam era, tetapi kota-kota terkuat di Troya hanya bisa bertahan selama beberapa bulan, bukan 10 tahun penuh seperti yang tergambarkan.

Penggalian utama di lokasi Troya pada tahun 1870 di bawah arahan arkeolog Jerman Heinrich Schliemann mengungkapkan gundukan benteng kecil dan lapisan puing setinggi 25 meter. Studi selanjutnya memiliki lebih dari 46 tahap pembangunan yang dikelompokkan menjadi sembilan kelompok yang mewakili penghuni situs ini dari 3.000 SM sampai ditinggalkannya Troya pada akhir di 1350 M. Penggalian baru-baru telah menunjukkan suatu daerah yang dihuni 10 kali ukuran benteng, menggambarkan Troya secara signifikan sebagai kota di Zaman Perunggu.

Lapisan dari penggalian, yang bertanggal sekitar 1180 SM, mengungkapkan puing-puing hangus dan kerangka yang tersebar sebagai bukti kehancuran semasa perang yang mungkin telah mengilhami bagian-bagian dari kisah Perang Troya. Di hari Homer menggambarkan perang tersebut, 400 tahun kemudian, reruntuhannya dan panasnya perang terlihat dari puing-puing masih terlihat.



Artikel merupakan hasil terjemahan dari laman History.com (dengan pengubahan).

Artikel asli: TROJAN WAR in History.com
Penerjemah: Imam Maulana

0 Response to "Perang Troya sebagai Mitologi Yunani"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel