Swingjugend pecinta jazz dan swing Era Nazi Jerman


Harian Sejarah - Swingjugend adalah sekelompok pecinta jazz dan swing di Jerman pada tahun 1930an, terutama di Hamburg dan Berlin. Mereka terdiri dari anak laki-laki yang berusia 14 sampai 21 tahun dan perempuan di sekolah menengah atas, kebanyakan dari mereka adalah siswa kelas menengah atau atas, juga beberapa pekerja magang. 

Mereka mengagumi cara hidup Inggris dan Amerika, mendefinisikan diri mereka melalui musik swing dan menentang ideologi Nasional-Sosialis, terutama yang digaungkan oleh Pemuda Hitler (Jerman: Hitlerjugend). Nama Swingjugend adalah parodi dari banyak kelompok pemuda yang diorganisir oleh Nazi, seperti Hitlerjugend. Kaum muda juga menyebut diri mereka sebagai Swings atau Swingheinis ("Swingity"); Anggota mereka seringkali disebut "Swing-Boy", "Swing-Girl" atau "Old-Hot-Boy".

Selama rezim Nazi , semua pemuda Arya di Jerman (usia 10 sampai 17 tahun) didorong untuk bergabung dengan Pemuda Hitler (HJ) dan Liga Pemudi Jerman (BDM). Pemimpin organisasi ini menyadari bahwa mereka harus menawarkan atraksi tarian di bidang sosial untuk merekrut anggota baru. Alih-alih mengadopsi tarian swing populer (karena dipandang merosot dan terkait dengan "jazz terkutuk"), mereka beralih ke tarian komunitas Jerman yang baru. 

Hal ini terbukti tidak berhasil, karena alih-alih merangkul hiburan Remaja Hitler, gadis-gadis dan anak laki-laki kota memadati tarian swing. Hal ini dapat dijumpai terutama di kota Hamburg. Remaja ini dikenal sebagai Swing-Heinis, sebuah nama yang disebut pihak berwenang. Swingjugend menjuluki Pemuda Hitler sebagai "Pemuda Homo" sementara Liga Pemudi Jerman disebut "Kasur Tentara." 

Swingjugend menggunakan kecintaan mereka akan music swing dan jazz untuk menciptakan budaya subkultur mereka dengan seorang mantan Swing Kid Frederich Ritzel yang mengatakan dalam sebuah wawancara pada tahun 1985: "Segala sesuatu untuk kita adalah dunia yang sangat merindukan, kehidupan Barat, demokrasi - segalanya terhubung - dan terhubung melalui jazz."


Swing Kids menari-nari di tempat pribadi, klub, ruang sewaan, dan yang lebih penting lagi, Café Heinze. Remaja ini berpakaian sedikit berbeda dari yang lain yang menentang swing  Sebagai contoh, anak laki-laki menambahkan sedikit corak Inggris pada pakaian mereka dengan topi homburg, menata rambut mereka, dan menempelkan pin Union Jack pada jaket mereka. 

Selain itu, sebagai cerminan Anglophilia mereka, "anak laki-laki Swing" suka membawa payung apapun cuacanya dan pipa. Anak perempuan memakai rok pendek, lipstik dan cat kuku bekas pakai, dan rambut panjang yang terurai ke bawah, bukan menggunakan kain kuas atau gulungan bergaya Jerman. 

Kegembiraan gadis Swing "untuk mengenakan model rambut mereka yang melengkung dan untuk merias dengan banyak make-up adalah penolakan terhadap selera dan mode rezim Nazi seperti di Third Reich," tampilan alami "tanpa make up dan rambut yang dikepang adalah gaya yang disukai wanita karena rasanya lebih "Jermanik."


Musik jazz menyinggung ideologi Nazi, karena sering dilakukan oleh orang kulit hitam dan sejumlah musisi Yahudi. Mereka menyebutnya "Musik Negro" (bahasa Jerman: Negermusik), "musik yang merosot" -digabungkan secara paralel dengan "seni merosot" (bahasa Jerman: entartete Kunst). Selain itu, teks lagu menentang ideologi Nazi, mempromosikan permisif seksual atau cinta kebebasan. Meskipun demikian, tidak semua jazz dilarang di Jerman pada saat itu. 

Swing Kids mendefinisikan budaya kontra, yang ditunjukkan dengan pakaian dan musik mereka. Perilakunya, yang digambarkan oleh banyak Nazi, sangat bertentangan dengan militerisme spartan yang oleh rezim dikembangkan di masa mudanya. 

Mereka menyelenggarakan festival tari dan kontes dan mengundang band-band jazz. Peristiwa ini merupakan kesempatan untuk mengejek Nazi, militer dan Hitlerjugend- yang terkenal dengan" Swing Heil! ", Mengejek Sieg Heil yang terkenal itu. Swing Kids mengenakan model rambut panjang dan topi, membawa payung dan bertemu di kafe atau klub. Mereka mengembangkan sebuah jargon yang kebanyakan bercorak anglicisms.

Swingjugend adalah Anglophiles hebat yang lebih suka mendengarkan "musik Inggris" (yaitu swing Amerika dan musik jazz) dan suka berpakaian dengan "gaya Inggris". 

Meskipun mereka bukan oposisi politik yang terorganisir, seluruh budaya Swing Kids berkembang menjadi penolakan keras terhadap tatanan sipil dan budaya Sosialisme Nasional.

Anggota Swingjugend menentang Jerman dan polisi, partai dan kebijakannya, dinas kerja dan militer Hitlerjugend, dan menentang, atau setidaknya acuh tak acuh terhadap perang yang sedang berlangsung. Mereka melihat mekanisme Sosialisme Nasional sebagai "kewajiban massal". Petualangan terbesar sepanjang masa membuat mereka acuh tak acuh; Sebaliknya, mereka merindukan segala sesuatu yang bukan dalam nuansa Jerman, tetapi Inggris.

Dari tahun 1941, represi kekerasan oleh Gestapo dan Hitlerjugend membentuk semangat politik pemuda Swing. Juga, dengan perintah polisi, orang-orang di bawah 21 dilarang pergi ke bar dansa, yang mendorong gerakan tersebut untuk mencari kelangsungan hidupnya dalam keadaan sembunyi-sembunyi.


Resimentasi ketat budaya pemuda di Nazi Jerman melalui Pemuda Hitler menyebabkan munculnya beberapa gerakan protes bawah tanah, di mana remaja lebih mampu menyuarakan kemerdekaan mereka. Ada gerombolan jalanan (Meuten), pemuda kelas pekerja yang meminjam unsur tradisi sosialis dan komunis untuk identitas mereka sendiri, dan ada sedikit kelompok yang memiliki motivasi politik, seperti Edelweiss Pirates (Jerman: Edelweißpiraten), yang menentang norma Hitlerjugend. Kelompok ketiga, yang terdiri dari kalangan menengah ke atas, mendasarkan demonstrasi mereka pada preferensi musik mereka, menolak musik völkisch yang disebarkan oleh partai untuk jazz Amerika, terutama swing.

Swing Kids of Hamburg berhasil mengadakan kontak dengan gerakan perlawanan terkenal lainnya, ketika tiga anggota White Rose (Jerman: Weiße Rose) mengembangkan simpati untuk Swing Kids. Tidak ditemukan kerjasama formal, meskipun kontak ini kemudian digunakan oleh Volksgerichtshof (Pengadilan Rakyat) untuk menuduh beberapa Swing Kids melakukan propaganda anarkis dan sabotase angkatan bersenjata. Pengadilan yang konsekuen, hukuman mati dan eksekusi berhasil dihindari pada akhir perang.

Pada 18 Agustus 1941, dalam operasi polisi yang brutal, lebih dari 300 Swingjugend ditangkap. Upaya melawan mereka dilakukan mulai dari memotong rambut mereka dan mengirim mereka kembali ke sekolah dalam pengawasan ketat, hingga mendeportasi para pemimpin ke kamp konsentrasi. Anak-anak diseret ke kamp konsentrasi Moringen sementara anak-anak dikirim ke Ravensbruck. 

Penangkapan massal ini mendorong kaum muda untuk melanjutkan kesadaran politik dan oposisi mereka terhadap Sosialisme Nasional. Mereka mulai menyebarkan propaganda anti-fasis. Pada bulan Januari 1943, Günter Discher, sebagai salah satu pemimpin kelompok Swing Kids, dideportasi ke kamp konsentrasi pemuda Moringen .



Penulis Anggoro Prasetyo - Mahasiswa Sejarah UI. Dapat dihubungi di 088211800912
Koleksi Foto: Anggoro Prasetyo
Editor: Imam Maulana

0 Response to "Swingjugend pecinta jazz dan swing Era Nazi Jerman"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel