Albert Russel Erskine dan Kisah Perusahaan Mobil Studebaker
Harian Sejarah - Pada 24 Januari tahun 1871, Albert Russel Erskine dilahirkan
di Huntsville, Alabama. Erskine merupakan perintis mobil Studebaker di Amerika
sebelum akhirnya mengalami kebangkrutan akibat depresi ekonomi besar.
Pada kurun waktu 1800an sampai dengan awal tahun 1900-an, Erskine
bekerja di perusahaan seperti American Cotton dan Underwood Typewriter, sebelum
bergabung dengan Studebaker di South Bend, Indiana pada tahun 1911. Asal-usul
dari Studebaker yaitu ketika Saudara Henry dan Clement Studebaker membuka toko
pandai besi di South Bend pada tahun 1852. Studebaker kemudian menjadi produsen
terkemuka moda transportasi gerobak yang ditarik dengan kuda serta menyediakan
gerobak kuda yang digunakan oleh Angkatan Darat AS selama Perang Saudara
Amerika pada tahun 1861–1865.
Studebaker-Garford (Foto: American Automobiles) |
Selama beberapa waktu, perusahaan Studebaker berkembang dan
mulai memasuki industry otomotif di Amerika, pada tahun 1902 Studebaker
meluncurkan secara perdana mobil listriknya dan sebuah kendaraan bertenaga gas
pada tahun 1904 yang dipasarkan dengan nama Studebaker-Garford. Studebaker
mulai menjual mobil bertenaga gas dengan namanya sendiri pada tahun 1931 sambil
terus membuat gerobak kuda hingg tahun 1920 setalah sebelumnya bermitra dengan
produsen mobil lainnya.
Albert Erskine kemudian menjadi presiden Studebaker pada
tahun 1915. Di bawah kepemimpinannya, perusahaan mengakuisisi produsen mobil
mewah Pierce-Arrow pada akhir tahun 1920 dan meluncurkan mobil Erskine dan
Rockne yang memiliki harga yang terjangkau. Nama mobil Rockne berasal dari nama
seorang pelatih sepak bola terkenal di Universitas Notre Dame yaitu Knute
Rockne (1888-1931).
Pada awal 1930-an Studebaker mengalami pukulan akibat
depresi ekonomi yang besar. Erskrine dituduh melakukan kecerobohan dalam
mengatur keuangan atas keterpurukan keuangan Studebaker saat depresi ekonomi.
Pada tahun 1933, perusahaan Studebaker bangkrut, Erskine kemudian bunuh diri
pada tanggal 1 Juli 1933 pada usia 62 tahun. Motif bunuh diri dari Erskine ditenggarai
karena masalah utang dan kesehatan pribadi.
Manajemen baru punya perusahaan kembali ke jalur,
menjatuhkan merek Rockne pada bulan Juli 1933 dan menjual Pierce-Arrow, antara
bergerak konsolidasi lainnya. Pada bulan Januari 1935, Studebaker Perusahaan
baru didirikan. Pada akhir 1930-an, desainer industri Perancis kelahiran
Raymond Loewy mulai bekerja untuk Studebaker dan akan dikreditkan dengan
model-model populer termasuk peluru berhidung 1953 Starliner dan tentang
Starlight coupe dan 1963 Avanti olahraga coupe.
Pada bulan Januari tahun 1935 Perusahaan Studebaker baru
didirikan, Studebaker kemudian mempunyai manajemen baru setelah kejatuhannya. Merek
Rockne kemudian berhenti produksi pada Juli 1933 dan menjual Pierce-Arrow yang
sebelumnya diakuisisi. Pada akhir 1930-an, desainer industry kelahiran
Perancis, Raymond Loewy mulai bekerja untuk Studebaker dan menghasilkan
beberapa mobil dengan model-model popular seperti bullet-nosed (1953), Starliner,
dan Starlight Coupe dan Avanti sports coupe (1963).
Pada pertengahan 1950-an, Studebaker kembali mengalami
permasalahan keuangan. Pada bulan Desember 1963, Studebaker mengakhiri produksi
mobil dan truknya serya menutup pabrik di South Bend, sedangkan pabrik di
Hamilton dan Ontario tetap beroperasi sampai perusahaan menutup semua bisnisnya
pada Maret 1966 setelah 114 tahun bergelut di bisnis otomotif di Amerika.
Pada bulan April 2009, muncul Chrysler menjadi produsen
mobil Amerika besar pertama sejak Studebaker mengalami kebangkrutan.
0 Response to "Albert Russel Erskine dan Kisah Perusahaan Mobil Studebaker"
Post a Comment