White Rose, Pirates Edelweiss, dan Gerakan Pemuda Anti Nazi


Harian Sejarah - Gerakan White Rose mungkin yang paling terkenal di antara gerakan perlawanan sipil yang berkembang di Jerman di bawah rezim Nazi. Namun beberapa anggotanya harus membayar harga yang mengerikan untuk pendirian mereka melawan sistem tersebut.

Gerakan White Rose terdiri dari mahasiswa Universitas Munich. Anggota yang paling terkenal adalah Hans dan Sophie Scholl. Anggota White Rose secara sembunyi-sembunyi membagikan selebaran anti-Nazi dan anti-perang dan di tengah upaya mereka yang semakin gencar, mereka ditangkap Nazi Jerman adalah negara kepolisian. Entah itu benar atau tidak, orang percaya bahwa informan ada dimana-mana.

Untuk menjaga kerahasiaan, keanggotaan gerakan White Rose sangat kecil sehingga lebih mudah untuk menghasilkan selebaran anti-perang yang juga dianggap anti-Nazi. Apa yang ada di dalamnya sangat berbahaya. Jika mereka ditangkap, mereka akan dikenai tuduhan pengkhianatan dengan konsekuensi yang tak terelakkan. Itulah sebabnya kelompok tersebut harus dijaga sangat kecil — setiap orang saling mengenal dan masing-masing yakin akan kesetiaan semua orang dalam kelompok tersebut.

Grafiti yang digambar oleh White Rose. Foto: Koleksi Anggoro. P

White Rose aktif antara bulan Juni 1942 dan Februari 1943. Pada waktu itu mereka membuat enam selebaran anti-perang dan anti-Nazi yang disebarkan di depan umum. Anggotanya juga terlibat dalam kampanye graffiti di Munich.

Salah satu selebaran yang berjudul "Perlawanan Pasif terhadap Sosialisme Nasional" menyatakan:
"Banyak, mungkin sebagian besar pembaca dari selebaran ini tidak melihat dengan jelas bagaimana mereka bisa mempraktikkan oposisi yang efektif. Mereka tidak melihat ada jalan yang terbuka untuk mereka. Kami ingin mencoba menunjukkan kepada mereka bahwa setiap orang berada dalam posisi untuk berkontribusi pada penggulingan sistem. 

Hal itu bisa dilakukan hanya dengan kerja sama antara banyak orang yang yakin dan energik — orang-orang yang setuju dengan cara yang harus mereka gunakan. Kami tidak memiliki banyak pilihan mengenai sarana. Satu-satunya yang tersedia adalah resistansi pasif. Makna dan tujuan perlawanan pasif adalah menggulingkan Sosialisme Nasional, dan dalam perjuangan ini kita tidak boleh mundur dari segala arah, apapun tindakannya, apapun sifatnya. 

Kemenangan fasis Jerman dalam perang ini akan memiliki konsekuensi mengerikan yang tak terukur. Kami tidak bisa memberikan cetak biru untuk tindakannya kepada setiap orang, kami hanya bisa menyarankannya secara umum.

Sabotase di pabrik persenjataan dan industri perang, di semua pertemuan, demonstrasi dan organisasi Partai Sosialis Nasional ............... Oleh karena semua kenalan Anda tentang keputusasaan perang ini .................. dan mendesak mereka untuk bersikap pasif."

Selebaran lainnya disebut "Kepada Sesama Pejuang dalam Perlawanan", yang ditulis pada bulan Februari 1943, setelah kekalahan Jerman di Stalingrad.

"Hari perhitungan telah datang - perhitungan kaum muda Jerman terhadap tirani paling kejam yang harus dipaksakan oleh orang-orang kita. Kami tumbuh dalam keadaan di mana semua kebebasan berekspresi dan berpendapat ditekan tanpa ampun. Pemuda Hitler, SA, SS. Semuanya telah mencoba untuk memberi obat kepada kami, untuk membuat resimen kami pada tahun-tahun paling menjanjikan dalam kehidupan kami. 

Bagi kami hanya ada satu slogan: bertarung melawan partai. Nama Jerman tidak terhormat sepanjang masa jika pemuda Jerman pada akhirnya tidak bangkit, membalas dendam, menghancurkan para penyiksa. Mahasiswa! Orang-orang Jerman melihat kita. "

Hari terakhir Sophie. Foto: Koleksi Anggoro. P

Saat brosur dibuka di Universitas Munich, Hans dan Sophie Scholl ditangkap oleh Gestapo. Mereka telah membagikan banyak selebaran White Rose yang mereka bawa. Namun, Sophie dan Hans menyadari bahwa mereka tidak membagikan semuanya. 

Karena begitu banyak masalah yang harus ditanggung untuk menghasilkan selebaran ini, mereka akan memastikan bahwa semuanya terdistribusikan. Mereka terlihat melemparkan selebaran di sekitar atrium universitas oleh seorang penjaga bernama Jakob Schmid dan melaporkan hal ini pada Gestapo. Hal ini terjadi pada 18 Februari 1943. Scholl secara harfiah membawa semua bukti yang dibutuhkan oleh Gestapo.

Baik Hans dan Sophie mengakui tanggung jawab penuh mereka dalam upaya untuk mengakhiri segala bentuk interogasi yang mungkin dapat memaksa mereka membeberkan anggota gerakan lainnya. Namun, Gestapo menolak untuk percaya bahwa hanya dua orang yang terlibat dan setelah diinterogasi lebih lanjut, mereka mendapatkan nama semua orang yang terlibat yang kemudian ditangkap.

Sophie, Hans dan Christoph Probst adalah orang pertama yang dibawa ke hadapan Pengadilan Rakyat pada tanggal 22 Februari 1943. Pengadilan Rakyat didirikan pada tanggal 24 April 1934 untuk mengadili kasus-kasus yang dianggap sebagai pelanggaran politik terhadap rezim Nazi.

Bagaimanapun, persidangan ini tidak lain dirancang untuk menjatuhkan dan mempermalukan. Mungkin dengan harapan penghinaan publik semacam itu akan menunda orang lain yang mungkin berpikir dengan cara yang sama sebagaimana mereka yang seolah dijatuhi kutukan. Ketiganya dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman mati dengan dipancung. Eksekusi dilangsungkan pada hari yang sama.

Percobaan lebih lanjut terjadi pada tanggal 19 April dan 13 Juli 1943 ketika anggota White Rose lainnya dibawa ke hadapan Pengadilan Rakyat. Tidak semuanya dieksekusi. Uji coba ketiga (13 Juli) tidak dipimpin oleh Roland Freisler yang terkenal dan saksi utama —juga diadili (Gisela Schertling)— menarik bukti bahwa dia telah memberikannya saat diinterogasi. Akibatnya, hakim membebaskan semua orang yang diadili hari itu dengan pengecualian satu, Josef Soehngen, yang diberi hukuman enam bulan penjara.

Sebelum Perang Dunia II di Eropa berakhir, selebaran terakhir yang diproduksi oleh White Rose diselundupkan keluar dari Jerman dan diserahkan kepada Sekutu yang sedang maju. Mereka mencetak jutaan salinannya dan menjatuhkannya ke seluruh negeri.


Berikut tokoh-tokoh penting dalam gerakan rahasia White Rose: Hans Scholl, Sophie Scholl, Professor Dr. Kurt Huber, Christoph Probst, Alexander Schmorell, Willi Graff

WHITE ROSE Kelompok mahasiswa anti-Nazi yang terbentuk di Munich pada tahun 1942. Tidak seperti para konspirator yang terlibat dalam Plot 20 Juli (1944) atau peserta di kelompok pemuda seperti Edelweiss Pirates, para anggota White Rose menganjurkan perlawanan tanpa kekerasan sebagai alat untuk melawan rezim Nazi.

Tiga anggota pendiri kelompok tersebut —Hans Scholl, Willi Graf, dan Alexander Schmorell— adalah mahasiswa kedokteran di Universitas Munich. Sementara di Front Timur, trio tersebut mengamati pembunuhan warga sipil Yahudi oleh pasukan SS. 

Ketika mereka kembali ke Munich, ketiganya bergabung dengan siswa lain —termasuk saudara perempuan Hans Sophie— untuk mendiskusikan perlawanan mereka terhadap rezim Nazi. Dengan menggabungkan idealisme muda dengan pengetahuan yang mengesankan tentang sastra Jerman dan ajaran agama Kristen, para siswa menerbitkan kepercayaan mereka dalam serangkaian selebaran dengan nama "The White Rose" (dan kemudian sebagai "Leaflet of the Resistance").

Selebaran pertama, yang diterbitkan pada bulan Juni 1942, dikutip secara bebas dari karya Friedrich Schiller dan Johann Wolfgang von Goethe, dan menganjurkan perlawanan pasif terhadap usaha perang Nazi. Esai White Rose pertama diakhiri dengan pernyataan tersebut, "Jangan lupa bahwa setiap negara layak mendapatkan pemerintah yang dihadapinya." 

Dengan menggunakan alamat yang diperoleh dari sebuah buku telepon, selebaran dikirimkan ke individu di seluruh Munich. Lima selebaran selanjutnya menyusul selama delapan bulan ke depan, dan Gestapo semakin khawatir dengan potensi ancaman yang ditimbulkannya. Pada awal 1943, anggota White Rose menyebarkan selebaran dengan tangan, dan mereka memulai kampanye grafiti anti-Nazi, melukis "Kebebasan" dan "Turunkan Hitler" di bangunan-bangunan di seluruh Munich.

Makam Hans Scholl dan Sophie Scholl

Tindakan tersebut meningkatkan risiko yang dihadapi oleh mahasiswa, dan pada tanggal 18 Februari 1943, seorang anggota partai Nazi mengamati Hans dan Sophie melemparkan selebaran dari gedung kelas Universitas Munich. Mereka ditangkap hari itu juga, dan sebuah penyelidikan berhasil Christoph Probst, seorang mahasiswa kedokteran Universitas Munich, di White Rose. Scholls dan Probst dengan cepat diadili, dan ketiganya dipancung pada tanggal 22 Februari 1943.

Pada bulan-bulan berikutnya, puluhan lainnya dipenjara karena keterkaitan mereka (nyata atau imajiner mereka) dengan White Rose, dan beberapa diantaranya, termasuk Graf dan Schmorell, dieksekusi.

Pirates Edelweiss. Foto: Koleksi Anggoro. P

PIRATES EDELWEISS (Bahasa Jerman: Edelweißpiraten) adalah kelompok pemuda yang menentang peraturan Nazi. Pirates Edelweiss terutama menentang cara Pemuda Hitler yang telah mengambil alih kehidupan kaum muda di Jerman. Sulit untuk memberikan tanggal pasti kapan Pirates Edelweiss pertama kali dimulai namun pada tahun 1936 keanggotaan gerakan Pemuda Hitler dijadikan wajib dan sejarawan cenderung menggunakan tanggal ini sebagai awal dari 'Pirates'. 

Perompak Edelweiss bukanlah gerakan yang spesifik, melainkan sebuah asosiasi dari sejumlah gerakan pemuda yang berkembang di Jerman Barat sebagai tanggapan terhadap resimen Nazi menilai pemuda. Perompak Edelweiss secara diametris berlawanan dengan gerakan Pemuda Hitler, yang dijalankan dengan jalur kuasi-militer. Mereka bebas mengekspresikan apa yang mereka pikirkan. Sementara anak laki-laki dan perempuan dipisahkan secara ketat dalam gerakan Pemuda Hitler, Edelweiss Pirates mendorong hal yang sebaliknya.

Sebagian besar kota di Jerman Barat memiliki beberapa bentuk kelompok Edelweiss Pirates, meskipun beberapa tidak menggunakan judulnya. Di Köln (Cologne), misalnya, mereka dikenal sebagai 'Navajos'. Beberapa sifat menghubungkan semua kelompok. Ada keberatan umum terhadap cara Nazi yang ingin mengendalikan kehidupan para pemuda di Jerman. Anggota Pirates Edelweiss akan memiliki pendidikan yang dikendalikan oleh Nazi saat mereka di sekolah (wajib belajar berakhir pada usia 14). 

Di bawah 14 tahun, waktu malam yang mereka miliki secara efektif juga dikendalikan. Jika seseorang berusia 13 tahun pada saat Hitler menjadi kanselir pada bulan Januari 1933, mereka akan mengalami satu tahun silabus pendidikan Nazi dengan semua yang terkait dengannya sebelum mereka dapat meninggalkan sekolah. Pada tahun 1937, ketika berusia 17 tahun — usia wajib militer. 

Sejak orang tersebut meninggalkan sekolah hingga saat ini, seorang pemuda akan menerima surat panggilan mereka, karena akan ada upaya Nazi untuk mengendalikan kehidupan orang tersebut. Meskipun merupakan persepsi umum bahwa setiap orang berada di bawah kendali Nazi dan bahwa polisi rahasia memiliki informan di mana-mana, jelas bahwa kota-kota besar memang memiliki bagian komunitas pemuda yang tidak puas. Orang-orang muda inilah yang membentuk kelompok Edelweiss Pirate. Pada dasarnya, mereka anti-otoritas dan tidak konformis.

Mereka juga menawarkan cara hidup di luar rezim Nazi yang mencekik. Anggota Pirates Edelweiss menentang pembatasan pergerakan dengan melakukan hiking dan berkemah. Sementara dalam perjalanan ini mereka memiliki cukup kebebasan untuk menyanyikan lagu yang dilarang oleh lagu blues atau jazz Nazi — terutama 'merosot' yang telah disaring dari Perancis. Mereka bisa saja membuka diskusi mengenai topik-topik yang dilarang di kota-kota dan informan mana yang pasti bisa didengar.

Antara tahun 1936 dan September 1939, pihak berwenang Nazi melihat Pirates Edelweiss sedikit lebih dari sekadar iritasi berskala kecil. Namun, sikap berubah selama Perang Dunia II ketika pihak berwenang percaya bahwa Pirates Edelweiss bertanggung jawab untuk mengumpulkan selebaran propaganda anti-Nazi yang dijatuhkan oleh Komando Bomber Inggris pada awal perang dan memasangnya melalui surat-surat. Hal ini dipandang lebih dari sekadar iritasi; dan itu digolongkan sebagai subversi yang terang-terangan.

Pada bulan Juli 1943 , pemimpin Partai Nazi di Dusseldorf menghubungi Gestapo dengan pandangan mereka terhadap kelompok Edelweiss setempat. Surat tersebut menyatakan bahwa "geng" itu "memberat bebannya" dan bahwa "riff-raff" mewakili "bahaya bagi orang muda lainnya". Diklaim bahwa kelompok kota tertentu ini memiliki rentang usia 12 sampai 17 dan anggota tentara yang terkait dengan mereka saat mereka cuti. Para pemimpin kota Dusseldorf juga percaya bahwa kelompok Edelweiss setempat bertanggung jawab atas grafiti anti-Hitler dan anti-perang di kereta bawah tanah. Namun, jelas dinyatakan bahwa ini hanya kecurigaan.

Bahkan saat itu, hukuman bagi orang-orang yang tertangkap tidak begitu drastis seperti yang diperkirakan selama perlakuan Nazi Jerman terhadap orang-orang subversif dewasa. Pihak berwenang tahu bahwa anggota Pirates Edelweiss membanggakan diri pada penampilan mereka dalam artian sangat non-militeristik. 

Hukuman standar bagi siapa pun yang tertangkap adalah membuat kepala mereka dicukur sehingga penampilan mereka yang lebih bohemian berubah menjadi model tentara. Namun, aktivitas Pirates tidak membuat dirinya senang dengan Heinrich Himmler yang mengharuskan semua orang Jerman untuk taat sepenuhnya. Dia memerintahkan sebuah tindakan keras terhadap semua pemuda yang tampaknya gagal dalam kesetiaan total mereka terhadap Hitler dan negara Nazi.

Dalam sebuah surat dari Himmler kepada Reinhard Heydrich (Januari 1942), Kepala SS menulis bahwa pendekatan setengah terukur terhadap kelompok pemuda mana pun yang gagal menunjukkan kesetiaan total tidak dapat diterima dan bahwa anggota kelompok semacam itu harus ditangani sesuai dengan itu. Himmler mengatakan kepada Heydrich bahwa kamp kerja tidak sesuai. Mereka harus dikirim ke kamp konsentrasi selama antara "2 sampai 3 tahun". Himmler tidak membedakan antara pemuda dan "gadis tak berharga".

"Di sana pemuda pertama-tama harus diberi gejolak dan kemudian menjalani latihan berat dan mulai bekerja. Harus dijelaskan bahwa mereka tidak akan pernah diizinkan untuk kembali ke studi mereka. Kita harus menyelidiki berapa banyak dorongan yang mereka dapatkan dari orang tua mereka. Jika mereka mendorong mereka, maka mereka juga harus dimasukkan ke dalam kamp konsentrasi dan harta benda mereka disita.” (Hitler's Germany oleh Jane Jenkins).

Himmler juga menasihati Heydrich bahwa dia harus turun tangan "secara brutal" untuk menghentikan penyebaran lebih lanjut kelompok pemuda yang tidak puas. Seiring perang berlanjut dan posisi Nazi menjadi lebih genting, Himmler memerintahkan tindakan keras yang lebih brutal. Pada November 1944, tiga belas pemuda digantung di Cologne dan enam di antaranya pernah menjadi anggota Pirates Edelweiss.

Tulisan oleh Anggoro Prasetyo - Mahasiswa Sejarah UI. Dapat dihubungi di 088211800912

0 Response to "White Rose, Pirates Edelweiss, dan Gerakan Pemuda Anti Nazi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel